Teks Observasi

Assalamualaikum

http://ipb-per.blogspot.com
http://ipb-per.blogspot.com/2015/02/teks-observasi.html


Berhubung saya seorang pelajar maka dari itu saya akan memberikan suatu ilmu yang saya dapat kan disekolah. Pada hari ini saya akan membahas teks observasi, berikut penjelasanya.

A. Pengertian Observasi

Menurut Kamus besar bahasa indonesia, observasi adalah peninjauan secara cermat.
Menurut Ilmiah Observasi adalah suatu kegiatan yang mengamati objek, benda mati, atau pristiwa yang akan diteliti.

Observer adalah orang yang melakukan observasi

Observee objek benda yang akan diamati atau diteliti.

B. Ciri- Ciri Observasi

1. Observasi direncanakan secara runtut
2. Bersifat meyakinkan
3. Hasil nya dapat di cek dan terbukti kebenaranya.
4. Hasil observasi disusun dengan bahasa yng jelas,btidak berbelit-belit dan mudah dipahami
5. Bentuk, isi, dan gaya penulisanya jelas sesuai dengan jenis tujuan pengamatan

C. Langkah-Langkah Observasi

1. Melakukan Kegiatan Observasi
2. Membuat Kerangka Teks Hasil Observasi
3. Menyusun Teks Hasil Observasi

D. Struktur Teks Obsetrvasi

Definisi Umum : Pengertian Sesuatu yang akan dibahas
Deskripsi Bagian : Gambaran Tentang sesuatu secara terperinci.
Deskripsi Manfaat : Bagian Yang berisi manfaat atau kegunaan. 

E. Bagian -Bagian Penting Teks Observasi

1. Pelapor
2. Hal yang diamati
3. Waktu dan tempat pengamatan
4. Tujuan Pengamatan
5. Hasil Pengamatan
6. Simpulan.

Tujuan kita observasi adalah meneliti objek benda agar objek itu diketahui ciri-ciri, kegunaan nya, dan lain-lain. So Kalau kalian ingin tahu percis sebuah objek maka dari itu, kalian harus mengobservasi objek tersebut, Segini saja pembahasan dari saya dan akan diupdate kembali, kalian tunggu saja tanggal update nya, semoga bisa membantu, saya ucapakan

Wallaikumsallam
Previous
Next Post »

Silakan Komentar sesuai tema
Sopan dalam berkomentar
Tidak Mengandung Spam
Terima kasih ConversionConversion EmoticonEmoticon